A B O U T

Advokat merupakan salah satu profesi yang mulia. Sebagai orang yang  mengerti hukum sudah seharusnya advokat membuat hukum tidak bengkok, Ia harus berdiri pada posisi yang benar-benar kuat agar tidak tergoyahkan ketika membela kebenaran.

Saya sangat bangga menjadi seorang advokat, meskipun selama ini posisi advokat masih sering disalahpahami. Sebagian besar masyarakat berpendapat bahwa advokat merupakan pembela mereka-mereka yang  bersalah.

Dalam ranah hukum pidana, advokat mempunyai tugas membela tersangka, bukan terpidana. Seorang tersangka adalah orang yang masih diduga melakukan kesalahan. Untuk membuktikan apakah tersangka bersalah atau tidak maka di gelarlah proses persidangan, dalam proses ini advokat akan membela tersangka berdasarkan bukti-bukti yang dimilikinya. Pada akhir proses persidangan Majelis Hakim memutuskan apakah tersangka bersalah atau tidak, jika tersangaka bersalah maka statusnya akan berubah menjadi terpidana, sebaliknya jika tersangka tidak bersalah maka tersangka akan bebas.

Berdasarkan ilustrasi diatas terlihat bahwa advokat tidak membela orang yang bersalah. Sebagai salah satu pilar hukum di Indonesia, tugas advokat adalah membela seseorang agar tidak diperlakukan sewenang-wenang. Bayangkan, apa jadinya bila seseorang yang belum diadili dan baru diduga bersalah langsung dijatuhi hukuman??????.

Menjadi seorang advokat profesional tidak dapat diperoleh dengan cara instan, banyak tahapan dan proses yang harus dilalui seorang Sarjana Hukum agar dapat menjadi Advokat Profesional.

Sebagai seorang advokat, saya mendedikasikan pengetahuan yang saya miliki melalui blog ini, agar ilmu yang saya miliki dapat bermanfaat untuk teman-teman yang membutuhkan informasi.

Saya sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari teman-teman.. jika ada kritik dan saran, silahkan tinggalkan pesan🙂

 

 

Referensi : A. Yusuf Amir, 2010

Comments
  1. galih says:

    Saya ingin jadi advokat!!

  2. bob says:

    tidak hanya tersangka, terpidana pun boleh dan dapat dibela. melalui peninjauan kembali. trims

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s